Minggu, 13 Januari 2013

PERBEDAAN GOOGLE KNOL DENGAN WIKIPEDIA ENSIKLOPEDIA






Google telah memperkenalkan Knol, sebuah style Wikipedia Ensiklopedia yang memungkinkan setiap orang bisa mengeditnya namun dengan beberapa perbedaan yang spesifik. Berikut adalah beberapa perbedaan yagn jelas terlihat antara Google Knol dan Wikipedia Encyclopedia.

Wikipedia mempunyai satu halaman per topic tapi batasan ini tidak didapati pada Google Knol – beberapa penulis bisa menulis topic yang sama pada tempat yang berbeda.

Wikipedia sampai sekarang bebas dari iklan namun contributor dari Knol melakukan kesempatan ini untuk menguangkan konten yang mereka bagikan di knoll melalui Google Adsense.
Semua konten di Wikipedia tersedia dibawah “GNU Free Documentation License” namun Pengguna Google Knol dapat mengambil setiao lisensi kreatif dari artikelnya.

Pada Wikipedia, anda tidak bisa membuat halaman untuk promosi dirai anda namun berbeda halnya dengan Knol, pada content policy, sangat jelas dikatakan – “anda bisa menggunakan knol untuk membuat artkel untuk bisnis atau mempromosikan produk atau jasa yang sah”.

Setiap orang bisa mengedit halaman pada Wikipedia namun dengan Knol anda mempunyai opsi untuk mengundang hanya review yang dipilih / ahli untuk mengubah halaman yang Anda buat. Hal ini untuk mencegah vandalisme meskipun lingkup terbatas hanya untuk ahli yang Anda kenal.

Setiap orang dapat menilai artikel pada Knol atau bahkan meninggalkan komentar seperti blog. sesuatu yang tidak kita temukan di Wikipedia.

Saya pribadi berpendapat bahwa Wikipedia dan Knol bukanlah “musuh” yang saling bersaing. Keduanya berbeda sehingga masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Perbedaan itu misalnya ada dalam konten, penulisan, dan bahasa.

Dari segi konten Wikipedia memiliki peraturan yang lebih ketat dari Knol. Di Wikipedia, artikel How To Backpack atau How-to Build Bigger Biceps dilarang ditulis, sementara di Knol diperbolehkan. Wikipedia menganggap artikel yang berupa guide/tutorial seperti itu bukanlah artikel ensiklopedia (atau bahasa WIkipedianya, tidak ensiklopedis).

Wikipedia juga memiliki kebijakan Neutral Point of View, di mana sebuah artikel tidak boleh ditulis dari satu sudut pandang saja. Sementara di Knol, artikel boleh ditulis berdasarkan pandangan si penulis. Jadi misalnya penulis adalah orang Amerika, maka ia diperbolehkan menulis artikel yang mengecam Iran, begitu juga sebaliknya.

Wikipedia melarang penulis menggunakan gaya penulisan persuasif dalam artikelnya. Yang termasuk gaya persuasif ini misalnya mengajak atau mempengaruhi pemikiran orang, termasuk di antaranya beriklan. Sementara di Knol diperbolehkan.

Wikipedia juga melarang riset orisinal. Riset orisinal berarti pendapat atau teori yang diciptakan sendiri oleh penulis artikelnya, dan belum pernah diterbitkan dalam buku, media cetak, atau jurnal ilmiah. Sementara di Knol, riset orisinal diperbolehkan.

Dari segi penulisan, Wikipedia memperbolehkan semua orang secara bebas menyunting semua artikel, kecuali artikel yang dilindungi. Sementara di Knol, hanya orang-orang yang telah diverifikasi (melalu kartu kredit) yang dapat menulis. Di satu sisi, Knol memiliki kelebihan. Artikel-artikel di Knol dapat lebih dipercaya karena yang menulisnya bukan orang sembarangan. Namun di sisi lain, perkembangan jumlah artikel Knol akan jauh di bawah Wikipedia karena jumlah penulisnya juga lebih sedikit.

Oh iya, di Knol, kita tidak dapat menyunting artikel yang ditulis oleh orang lain. Kita hanya dapat memberikan komentar dan rating. Sementara di Wikipedia kita bisa melakukannya. Di Wikipedia, penulis artikel bukan dianggap sebagai pemilik artikel, melainkan sebagai perintis artikel.

Yang terakhir dari segi bahasa. Di sini jelas Wikipedia memiliki kelebihan. Knol hanya tersedia dalam satu bahasa, yaitu bahasa Inggris. Sedangkan Wikipedia tersedia dalam puluhan bahasa, termasuk bahasa daerah seperti bahasa Sunda, Jawa, dan Banyumasan.

Kesimpulan Menurut Saya

Wikipedia dan Knol bukanlah dua situs yang saling bersaing. Melainkan dua situs berbeda dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing, dan dapat saling mendukung. Penulis di Wikipedia, misalnya, dapat menggunakan Knol sebagai referensinya, dan begitu pula sebaliknya.

Sumber : Wekipidia Ensiklopedia dan Google Knol

0 komentar:

Translate

Total Kunjungan

Social Network



Image Hosted by ImageShack.us

Bagimana blog saya?

Diberdayakan oleh Blogger.